Walaupun jenis motor beraneka ragam, namun saya pribadi hanya mengkhususkan membahas kategori skuter.
Definisi skuter; walaupun ada beberapa versi definisi, namun saya punya definisi sendiri, yaitu kendaraan roda 2 (skrg ini ada yg roda 3) dg disain dek rendah atau rata, posisi peletakan mesin di tengah cenderung ke belakang.
Saat ini, skuter merupakan kendaraan favorit saya utk segala keperluan; mulai dari antar-jemput anak & istri, ke kantor, kuliah, dll.
Skuter saat ini sdh berevolusi menjadi lebih praktis, fungsional, minim perawatan.
Praktis krn mudah digunakan, tdk usah berganti gigi versneling, starter listrik.
Fungsional krn bagasi di bawah jok dg kapasitas lumayan, muat helm full-face, bahkan tipe2 tertentu muat 2 helm full-face !. Selain itu, disain dek yg rata memudahkan kita membawa tabung gas / air galon, serta barang2 lainnya.
Minim perawatan krn jumlah komponen skuter saat ini jauh lebih sedikit dibanding cub, dll. Tanpa transmisi roda gigi yg rumit & melelahkan. Skuter modern menggunakan transmisi jenis CVT (continuosly variable transmission), yg juga digunakan di Fiat Uno Selecta & Honda Jazz/Fit otomatis generasi pertama.
Mungkin satu2nya kekurangan adalah konsumsi BBM. Skuter saat ini, paling irit adalah 1:50 Premium. Masih kalah dari cub (bebek) & motor lelaki (sampel dari Bajaj xcd 125) yg bisa mencapai 1:70.
Skuter bisa dibagi menjadi beberapa kategori;
- klasik
- harian
- turing
- sport
- turing dalam kota
Kategori klasik
Diwakili oleh Vespa, Lambretta, & beberapa merk lain spt Bajaj (diskontinyu). Sebagian orang menyebut kategori ini sbg retro. Bodi terbuat dari logam, tapi beberapa merk terbuat dari plastik. Skuter klasik produksi Vespa bahkan sdh ada dg spesifikasi canggih, spt mesin 4-valve berpendingin cairan, peredam kejut ganda di blkg, & rem tipe disk di roda depan & blkg. Belakangan ini, SYM & Daelim membuat skuter klasik dg bodi plastik dg harga jaun lebih terjangkau dibanding Vespa yg sangat mahal.
contoh tipe klasik bodi logam
contoh tipe klasik bodi plastik
Skuter retro-klasik di tahun 2009-2009
Salah satu alasan kenapa aliran disain atau gaya retro atau klasik tetap digemari adalah; modelnya cenderung tidak membosankan, alias relatif tdk lekang oleh waktu. Kita semua tahu bahwa “kebosanan” adalah salah satu alasan seseorang berganti kepemilikan.
- Skuter retro-klasik Kymco, tahun 2009 Kymco memproduksi Link 125
Kymco Link 125, bodi plastik, didisain oleh Kymco Italia
- Skuter retro-klasik Yamaha, th 2008 Yamaha memproduksi Cuxi 100
Yamaha Cuxi 100, bodi plastik
Kategori harian
Ini merupakan kategori skuter yg praktis utk digunakan se-hari2; ukuran sedang bahkan ramping, shg menurut ‘perasaan’ kebanyakan orang, mudah utk selap-selip di kemacetan lalu lintas.
contoh kategori harian
Kategori turing
Ciri skuter turing adalah posisi tempat duduk yg nyaman, dg jok dilengkapi senderan kecil, kaki bisa selonjor, serta posisi stang agak ke atas. Posisi duduk spt ini dirancang utk tdk santai & tdk melelahkan utk perjalanan jauh. Skuter mini turing di RI dipelopori oleh Piaggio X9-180 & Yamaha Majesty 125. Disain dek skuter turing umumnya keluar dari pakem dek rata, tapi sebagian lagi msh didisain dg dek rata. Turing bisa dibagi lagi menjadi mini-turing, maxi-turing, & city-turing.
contoh skuter turing
Kategori sport
Skuter di kategori ini didisain utk akselerasi cepat alias & kecepatan tinggi. Di RI dipelopori oleh Gilera Runner VXR-200, yg merupakan grup / keluarga Piaggio. Skuter ini sgt responsif & nyaman, serta stabil di segala medan jalan. Saat ini varian Runner di RI sdh digantikan oleh generasi kedua.
contoh kategori sport
Turing dalam kota
Kategori ini istilah baru yg saya buat utk kelompok jenis skuter yg sedang mewabah di Eropa & Asia. Spesifikasi skuter ini menggunakan mesin cc menengah (250 – 300cc) disain mirip skuter harian, namun dg modifikasi bentuk jok mengikuti skuter turing. Posisi pengendara lebih mendekati skuter harian dari pada skuter turing. Pabrikan yg sudah mengeluarkan kategori ini adalah Piaggio dg X7-nya, Yamaha dg seri xcity, SYM dg seri citicomm, & TGB dg seri xmotion. Sebenarnya Yamaha sdh memulai beberapa tahun lalu dg meluncurkan seri versity.
Skuter 3 roda
Piaggio membuat terobosan disain dg membuat skuter 3 roda; 2 roda di depan & 1 roda di belakang ! Dinamai Piaggio MP3 & Gilera fuoco. Skuter ini memungkinkan pengendara tdk perlu menapak tanah lagi walaupun sedang berhenti. Bahkan di tikungan ekstrim-pun menurut perancangnya, skuter ini tdk bakalan roboh !
wah mantabs nih ulasan tentang skuter matic…boleh di kopas ga yg majestynya
By: dedyse on 2009/06/08
at 00:20
Boleh juga ulasannya..aku lagi nunggu skuter matic yg model retro..kapan nongol di Jakarta ya..
By: totok on 2009/12/29
at 12:09
Yg sdh masuk kan ada Vespa LX, GT-series dan S.
Serta yg sedang ditest, Kymco Like 150 tp dg merk Benson.
By: Ariosuko on 2010/02/28
at 08:57
vespa mang jagonya skuter
By: pankomvis on 2010/05/14
at 20:30
vespa s 125 beraan ya harga nya.., mohon info nya dunk…
By: myhomeismyoffice on 2010/06/05
at 11:31
Vespa S-125 kalau tdk salah 55 jt.
Walaupun cc lebih kecil, mngkn krn modelnya yg lbh ‘jadul’ jadinya lbh mahal dari Vespa LX-150 yg dihargai 52jt.
By: rario on 2010/08/04
at 17:34
Vespa S-125 kalau tdk salah 55 jt.
Walaupun cc lebih kecil, mngkn krn modelnya yg lbh ‘jadul’ jadinya lbh mahal dari Vespa LX-150 yg dihargai 52jt.
By: R. Ario on 2010/08/04
at 17:32
kalo pengen scooter touring harga terjangkau pilih mana ya.???
By: ahmad faisol on 2010/12/11
at 06:17
Kalau minerva GTR 150 / 170 masuk kategory skuter yg mana bro
By: Dudit W. Sastrodiwiryo on 2011/12/08
at 16:41
Masuk kategori sport mas Dudit. Maaf telat banget responnya..
Sdh punya tipe ini? Reviewnya? Sy baru lihat yg dipajang sj…
By: rario on 2012/04/17
at 13:25