Posted by: rario | 2013/07/11

Viar V-max 125

Hari Senin lalu tgl 8 Juli 2013 saya ke dealer Viar Ciledug utk servis motor Karya 150 cc. Showroom terasa sempit krn ada 4 buah Viar Karya, sehingga sisa ruang utk tipe lain nyaris tdk ada. Namun hny ada 2 tipe selain roda 3, yaitu : VSR & Vmax. VSR adalah tipe motor dg fairing & dashboar semi digital berkapasitas 200cc. Sedangkan Vmax adalah tipe skuter matic 125 cc, yg katanya merupakan lanjutan dari Vior matic.

Mngkn pembaca bertanya, kenapa blog ini kebanyakan berisi merk2 non-Japan… ya sederhana saja jawaban saya; buat apa membahas motor yg banyak di pasaran & sdh banyak reviewnya di blog lain?

Hal lain yg membuat penulis tertarik membahas Viar adalah, merk ini sepertinya satu2nya merk nasional yg masih bertahan hingga saat ini. Spt kita tahu, awal th 2000an banyak bermunculan mocin (motor China) berbagai merk, yg kebanyakan memang memang merk luar negeri. Viar adalah salah satu yg muncul di era tsb, hny saja sejak awal mereka sdh klaim merk nasional dg mesin Taiwan (TW).

Kembali ke judul….berikut beberapa foto, yg sayangnya beresolusi rendah (pakai kamera ponsel Cross)..

IMG0103A IMG0106A IMG0110A IMG0111A

Penulis sempat menjajal skuter ini, beberapa putaran mengelilingi halaman komplek ruko yg lumayan lapang. Tentu saja dg izin mekanik sekaligus…apa nih mas…penjaga toko kali yee .. Menurut mas Eko dealer Ciledug ini baru sekitar 3 bulan-an buka..

DISAIN & FITUR

Ukuran motor kurang lebih mirip Mio Sporty, , headlamp di tebeng, dashboard mirip Xeon, bagasi di bawah jok sgt kecil, disain engsel jok mirip Mio (plastik) jd rawan patah bila kebetulan terjatuh (spt sy alami di Mio). Di stang kanan; skutik ini blm AHO, jd msh ada saklar lampu 3 posisi; off, lampu kecil, & lampu besar. Jg tombol starter listrik di bawah saklar. Di stang kiri terdpt switch lampu sein dg cara operasi lembut, switch lampu dekat & jauh, terakhir tombol klakson.

Pindah ke rangka & mesin ; Mesin 125 cc dg autochoke berpendingin udara. Disain cover CVT cukup bagus. Sayang kick starter terlalu dekat dg foot-step & standar samping (bila dilipat), sehingga jika digunakan musti hati2. Shock blkg ganda, ada spakbor roda blkg (motor merk Japan tdk ada), cerminan bhw detil sdh cukup diperhatikan.

Jika bodi dilepas dari kerangka, skuter ini mirip SYM Enjoy 125 yg dulu jg pernah sy testdrive. Namun Enjoy msh monoshock & tanpa spakbor roda.

KEAMANAN

Standar samping sdh dilengkapi pengaman, tdk bs nyala bila tdk dilipat. Kunci kontak sdh dg pelindung bermagnet, namun sy lupa periksa, apakah sdh bs sekaligus utk buka bagasi. Rem parkir sptnya blm ada. Spion cukup fungsional. Ban 14″ cukup aman di kondisi jalan RI. Sptnya hny itu.

RASA

Wah aneh ya, kok ada bahas ‘rasa’. Jok terasa krg lebar, namun lbh lebar dr Mio sporty. Saat mencoba starter (pakai kick starter krn aki tdk dipasang), mesin cukup halus, getaran lumayan minim, beda jauh dg Mio sporty (cukup kasar, getar, & berisik), suara knalpot tergolong sopan / silent.  Tdk terasa bunyi/getar di bagian bodi yg lain bila throtle gas diputar agak tinggi. Performa blm terlalu sy uji krn sy memang tipe pengemudi kalem, sekilas diset utk putaran rendah sampai menengah spt skutik Japan pd umumnya. Yg jelas sy lbh cocok dg ‘taste’ skuter ini dibanding Mio; cukup halus & tdk berisik.

KESIMPULAN

Yah krn penulis cenderung nasionalis, ya..kalau bangsa sendiri sdh mampu buat, ya buat apa beli merk luar yg speknya sama bahkan di bawah tipe ini (125 cc, pendingin udara, shock blkg dobel, ban 14″). Sayangnya Viar blm mulai masuk era injeksi….msh perlu wkt utk bangsa ini utk masuk ke teknologi lbh jauh. Standar emisi jg blm dicantumkan. Semoga berguna. Wallahu’alam.


Responses

  1. Wah, kalo ini cocok dengan saya,

  2. Harga cover v max berapa ya

  3. Tulisannya bagus, saya juga pecinta produk dan merek dalam negeri. 🙂

  4. my website…

    http://tadika.tk

    terima kasih…

    KTXFW-UOAC3-3T35X-CZZSM-TDOX5


Leave a comment

Categories